G30S PKI, PAREGREG, DAN EKSPANSI KEKAISARAN CINA

Oleh: Abdul Rohman

Apa kaitan antara Paregreg (perang saudara Majapahit) dengan G30S/PKI tahun 1965?. Buku “G30S/PKI: Soekarno-Soeharto Berenang di Antara Dua Karang” ini mengupas keterkaitannya. Juga perbenturan geopolitik antara nusantara dan kekaisaran Cina yang beberapa kali berulang.

Merujuk studi I Gusti Phalgunadi dan Slamet Mulyana, Victor M. Fic (sejarawan Kanada asal Yugoslavia) mengungkapkan background perang Paregreg/ perang saudara Majapahit (1406) adalah kompetisi kekuasaan antar kawasan. Sebuah benturan geopolitik antara Kekaisaran Cina dan Nusantara. Kekaisaran Cina berambisi menaklukkan imperium Majapahit sebagai pengendali nusantara.

Untuk mengusai nusantara, kekaisaran Cina melancarkan dua proyek strategi disintegrasi. Pada lingkar luar —kerajaan-kerajaan/ pangeran-pangeran yang secara geografis berjauhan dari pusat kerajaan Majapahit—, diberi status sebagai raja bawahan oleh kekaisaran Cina. Kerajaan-kerajaan itu juga didukung untuk memisahkan diri dari negara induk (Majapahit).

Sedangkan untuk menusuk pusat imperium Majapahit, kekaisaran Cina memberi status raja bawahan kepada “Raja Timur” Wirabhumi dari Blambangan. Kekaisaran Cina mengakui klaim Wirabhumi atas Mahkota Majapahit. Cina juga memberikan dukungan diplomasi maupun penggunaan kekuatan militer melawan Raja Majapahit Wikramawardhana.

Wikramawardhana dibantu Bhre Tumapel dan Bhre Hyan Parameswara dapat menundukkan Wirabhumi dan sekutu militernya dari Cina. Namun Paregreg telah menenggelamkan nusantara kedalam perang saudara berkepanjangan. Paregreg telah memicu polarisasi dan kemudian disintegrasi yang hebat dari masyarakat nusantara.

Lihat juga...