Ribuan Warga Meriahkan Kirab Budaya Peringatan Pemindahan Kantor Desa Kepuharjo

YOGYAKARTA, Cendana News — Ribuan warga masyarakat di lereng gunung Merapi, tumpah ruah ke jalan untuk meriahkan kegiatan peringatan pemindahan kantor Pemerintah Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman ke XI, pada Minggu (26/2/2023) kemarin.

Ribuan warga dari 8 dusun nampak antusias ikut serta dalam kegiatan kirab budaya, dimulai dari lokasi Kantor Pemerintah Desa lama menuju kantor pemerintah desa baru yang berjarak sekitar 2 kilometer.

Kegiatan kirab semacam ini rutin dilakukan setiap tahun untuk memperingati pemindahan kantor pemdes Kepuharjo, yang harus dipindah akibat terdampak bencana erupsi gunung Merapi tahun 2010 silam.

Setelah melakukan kirab budaya seluruh warga kemudian melakukan kegiatan upacara serta pentas kesenian di lapangan desa Kepuharjo, dengan dihadiri seluruh warga, tokoh masyarakat, perangkat desa, Kapolsek, Dandim, Camat Cangkringan, hingga Wakil Bupati dan Sekda Sleman.

Lurah atau Kepala Desa Kepuhargo Heri Suprapto mengatakan tahun 2023 ini, kegiatan peringatan pemindahan kantor Pemerintah Desa Kepuharjo ini cukup spesial, karena bertepatan dengan penetapan Desa Kepuharjo sebagai rintisan desa budaya.

“Pada peringatan tahun ini, semua potensi budaya dan kesenian di Kepuharjo ini kita tampilkan. Mulai dari prajurit bregodo, wayang orang, jatilan, campur sari, warok, hadroh, termasuk hingga potensi UKM,” katanya.

Heri berharap, selain dapat melestarikan dan mengembangkan seluruh potensi budaya yang ada, kegiatan semacam ini juga diharapkan dapat semakin meningkatkan sektor pariwisata, yang pada akhirnya akan semakin mendongkrak perekonomian warga desa.

“Lewat kegiatan semacam ini kita ingin mendorong agar generasi muda tidak melupakan akar budaya warisan leluhur. Termasuk juga mengingat kondisi dan potensi ancaman bencana di desa, sehingga mampu melakukan langkah mitigasi,” katanya.

Lihat juga...