Prosesi Pindah Rumah Danny Rukmana Gunakan Adat Jawa Sarat Makna

JAKARTA | Dwipanews.com – Kebahagiaan terpancar dari wajah Danny Bimo Hendro Utomo atau Danny Rukmana dan Andi Raiyah Chitra Caesaria Abdussalam. Saat pasangan suami istri ini menjalani prosesi pindah rumah baru dari rumah lama, yang lokasinya masih berada di Jl. Yusuf Adiwinata, Menteng, Jakarta Pusat.

Begitu pula dengan Siti Hardijanti Rukmana (Tutut Soeharto) dan Indra Rukmana, orang tua Danny Rukmana, terlihat sangat bahagia menghantarkan putra tercintanya pindahan rumah baru dengan prosesi adat Jawa. Yang digelar pada Senin Wage (12/2/2024) atau bertepatan dengan tanggal 1 Rewah Wuku Juluwangi Tahun Jimawal 1957 Windu Sancoyo.

Mengawali pindah rumah baru diadakan pengajian dengan hataman Al Quran 30 juz. Hataman Al Quran yang digelar di rumah baru Danny Rukmana, itu menyertakan ibu-ibu pengajian dari majelis ilmu Baitul Qurro dan Sabilina.

Pembacaan Al Quran ini sebagai ungkapan  syukur dengan harapan semoga semua aktivitas Danny Rukmana dan Raiyah di rumah baru ini dilimpahi dan diridhoi oleh Allah SWT. Dijadikan keluara sakinah, mawaddah dan marahmah, serta dilimpakan rejeki dan kesehatan yang pali purna.

Prosesi selanjutnya, Danny Rukmana dan Raiyah didampingi Tutut Soeharto serta keluarga besar keluar dari rumah lama menuju rumah baru dengan membawa Uborampe atau perlengkapan yang harus dibawa dalam prosesi pindah rumah adat Jawa. Di antaranya, sapu lidi, kendi, beras dan biji-biji tikar, bantal,  guling, cempor, pisang raja dan lainnya.

“Uborampe ini diharapkan membawa kebahagiaan dalam rumah tangga Mas Danny dan Mbah Raiyah, memberi kelengkapan nuansa rumahku surgaku,” ungkap Sofia Agus Surendro, istri Kepala Ndalem Kalitan, Solo.

Lihat juga...