Tokoh Lintas Etnis di Bekasi sepakat hidupkan tradisi Sobatande

Editor: Koko Triarko

KOTA BEKASI, Cendana News – Sejumlah tokoh lintas etnis dan agama di Kota Bekasi mengadakan pertemuan di Islamic Center Kota Bekasi.

Dalam pertemuan itu para tokoh lintas etnis dan agama di Kota Bekasi membahas tentang tradisi Sobatande.

Dalam pertemuan perdana itu, para tokoh lintas etnis dan agama di Kota Bekasi sepakat menggiatkan kembali tradisi persahabatan Sobatande.

KH Muhammad Abid Marzuki, mengatakan gagasan memghidupkan lagi tradisi ini merupakan satu solusi menjaga harmonisasi dan keberagaman di Kota Bekasi.

Dia mengatakan, bahwa Sobatande ini merupakan warisan luhur untuk mempererat tali persahabatan tanpa memandang latar belakang keturunan, etnis dan agama.

“Persahabatan ini memiliki nilai luhur sebagai pemersatu masyarakat di Kota Bekasi yang berasal dari berbagai etnis, suku dan gama,” ujar Kiai Abid Marzuki.

Menurut KH Abid, masyarakat Bekasi dikenal memiliki rasa persahabatan yang tinggi. Bahkan, bisa dibilang melebihi rasa persaudaraan sedarah.

Hal tersebut sudah tercatat dalam sejarah bagaimana masyarakat Bekasi yang tinggal di selatan melakukan Sobatande dengan masyarakat Bekasi di utara.

“Dan, inilah yang mengikat persahabatan orang Bekasi menjadi satu keluarga besar yang harmonis,” paparnya.

Abid menyayangkan jika tradisi ini terkikis seiring perjalanan waktu.

Dia mengatakan, masyarakat tidak lagi memiliki rasa persahabatan antarsesama karena lebih mengedepankan dirinya atau kelompoknya sendiri.

Karena itu pihaknya ingin tradisi Sobatande ini tidak sampai hilang terlupakan.

“Apalagi, tradisi tersebut adalah warisan leluhur yang harus kita jaga bersama,” ujarnya.

Lihat juga...