Pemberdayaan Yayasan Damandiri tingkatkan kesadaran masyarakat jaga kelestarian alam

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BOYOLALI, Cendana News — Keberhasilan program pemberdayaan yang dilakukan Yayasan Damandiri selama 5 tahun terakhir, terbukti mampu mengubah total situasi dan kondisi kehidupan masyarakat di desa Samiran, Selo, Boyolali, Jawa Tengah.

Disamping mampu mengubah desa Samiran dari semula desa yang sepi dan terpencil menjadi desa wisata yang sangat ramai dan terkenal, program pemberdayaan Yayasan Damandiri, juga terbukti mampu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan seluruh warga desa.

Tak hanya itu, adanya program pemberdayaan yang dijalankan Yayasan Damandiri lewat sektor pariwisata, ternyata juga mampu mengubah pola pikir atau paradigma mendasar masyarakat dalam menjaga kondisi alam dan kelestarian lingkungan di sekitarnya.

Hal tersebut diungkapkan Manager Umum KUD Sahabat Damandiri Sejahtera Samiran, selaku pelaksana program pemberdayaan Yayasan Damandiri, di desa Samiran, Selo, Boyolali, Jawa Tengah.

Bayu menyebut sejak adanya program pemberdayaan Yayasan Damandiri, tak sedikit dari warga desa yang kini mulai menyadari pentingnya menjaga kelestarian alam dan lingkungan sekitar untuk menunjang sektor pariwisata dan kondisi perekonomian mereka.

“Sejak adanya program pemberdayaan Yayasan Damandiri, sektor pariwisata di desa Samiran berkembang sangat pesat selama beberapa tahun terakhir. Hal itu secara otomatis juga mampu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan seluruh warga desa. Sehingga kini warga pun semakin sadar untuk menjaga alam dan lingkungan yang ada di desa mereka demi kepentingan bersama,” ungkapnya.

Meningkatnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kondisi alam dan kelestarian lingkungan itu, juga terlihat dari perubahan perilaku masyarakat desa Samiran dalam sejumlah hal. Seperti misalnya kesadaran warga untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan, hingga kepedulian untuk bersama-sama mengelola keindahan alam yang ada di desa Samiran.

Lihat juga...