Aisyiyah dan Muhammadiyah DIY Jagokan Hj. Atik Heru Maryanti, S.T., S.E., M.B.A Raih Kursi Legislatif DPR RI

YOGYAKARTA – Direktur Indonesia Sansekerta Survey and Research Consulting (ISSRC), Dr. Hamdan Razie, M. Si., merilis hasil quick count terkait peta pemilihan Caleg DPR RI pada pemilihan legislatif di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Pemilu 2024.

Quick count tersebut dilakukan pada 14-15 Februari 2024 di semua wilayah, yaitu di empat kabupaten dan kota Yogyakarta di wilayah DIY.

Hamdan menyatakan, survei dilakukan dengan menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel 700 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar secara proporsional di 21 kecamatan dan dari sekitar 2,8 juta pemilih di Daerah Istimewa Yogyakarta. Margin of error dari quick count ISSRC Denny JA sebesar 2,6 persen.

Hamdan Razie juga menyampaikan bahwa quick count ini diambil dari kecamatan-kecamatan dengan jumlah pemilih cukup padat penduduk dan dipilih secara acak di berbagai kecamatan dan di berbagai kabupaten/kota di DIY.

Hasil quick count dari data yang sudah terkumpul 35%, PDIP masih memimpin dengan 25 persen suara dibandingkan partai lainnya.

MY Esti Wijayati memimpin dengan perolehan 14,5 persen suara. Saingan terdekatnya adalah Siti Hediati Soeharto dari Gerindra dengan elektabilitas 12,5 persen suara.

Ranking ketiga adalah Idham Samawi dari PDIP dengan 10,6 persen suara. Sedangkan Ranking keempat adalah H. Subardi, SH, MH, dari Partai Nasdem yang meraih 10,3 persen suara. Sedangkan Ranking kelima adalah Dr. H. Sukamta dari PKS yang meraih 9,1 persen suara.

Dalam persaingan yang sangat ketat tersebut, kursi keenam diisi oleh Gandung Pardiman dari Golkar dengan 8,5 persen suara, dan posisi ketujuh diisi oleh Hj. Atik Heru Maryanti, S.T., S.E., M.B.A. dari PPP dengan 8,1 persen suara.

Lihat juga...