Begini program pemberdayaan Damandiri di Pesantunan Brebes

Editor: Koko Triarko

BREBES, Cendana News – Sejak tahun 2017 Yayasan Damandiri menjalankan program pemberdayaan masyarakat di Desa Pesantunan, Wanasari, Brebes, Jawa Tengah.

Program pemberdayaan masyarakat Yayasan Damandiri di Pesantunan itu merupakan upaya mempercepat pengentasan kemiskinan di desa tersebut.

Untuk itu Yayasan Damandiri mendirikan koperasi sebagai motor penggerak program pemberdayaan berbasis desa di Pesantunan.

Berbagai program pemberdayaan pun dijalankan melalui koperasi KUD Berkah Damandiri Pesantunan.

Secara kontinyu sejak tahun 2017, program pemberdayaan masyarakat yayasan bentukan HM Soeharto ini menyasar berbagai sektor mulai dari pendidikan, kesehatan, lingkungan, keagamaan, dan ekonomi.

Di sektor lingkungan dan kesehatan, Yayasan Damandiri telah memberikan bantuan bedah rumah bagi 27 warga kurang mampu di Pesantunan.

Kemudian, memberikan bantuan lantainisasi bagi 513 orang warga, dan memberikan bantuan jambanisasi bagi 148 orang warga dari kelompok keluarga Prasejahtera.

Di sektor pendidikan, Yayasan Damandiri juga telah membantu pengembangan lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) diPesantunan.

Yayasan Damandiri melalui koperasi binaannya di Pesantunan membangun dan merenovasinya 5 unit bangunan sekolah TK dan PAUD.

Memberikan pelatihan bagi puluhan guru, hingga memberikan bantuan beasiswa bagi belasan siswa kurang mampu.

Sementara di sektor keagamaan, Yayasan Damandiri juga telah memberikan bantuan renovasi toilet dan tempat wudhu di 25 masjid dan mushola di sejumlah dusun di Desa Pesantunan.

Sedangkan, program pemberdayaan di sektor ekonomi hingga kini masih berjalan melalui koperasi KUD Berkah Damandiri Pesantunan.

Lihat juga...