Satgas TNI Konga evakuasi pengungsi Syria dari kapal tenggelam

Admin

JAKARTA, Cendana News – KRI Frans Kaisiepo-368 yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Maritime Task Force (MTF) TNI Kontingen Garuda (Konga) XXVIII-N/United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL), berhasil menyelamatkan ratusan pengungsi Syria yang nyaris tenggelam di Laut Mediterania.

Dalam operasi penyelamatan itu, KRI Frans Kaisiepo-368 Satgas MTF TNI Konga XXVIII-N/ UNIFIL berperan sebagai On Scene Coordinator, dan Tactical Controller.

Operasi SAR KRI Frans Kaisiepo-368 Satgas MTF TNI Konga XXVIII-N/ UNIFIL berawal dari adanya distress signal dan laporan dari LAF Navy perihal adanya kapal pengungsi yang tenggelam di 40 NM lepas pantai Tripoli, Laut Mediterania, Sabtu (31/12/2022).

Saat itu Komandan KRI Frans Kaisiepo-368 Satgas MTF TNI Konga XXVIII-N/ UNIFIL selaku Dansatgas MTF TNI Konga XXVIII-N/UNIFIL, Letkol Laut (P) John David Nalasakti Sondakh bersama prajurit tengah berada di Area of Maritime Operation, dan bergegas menuju lokasi tenggelamnya kapal.

Begitu tiba di lokasi kejadian, KRI Frans Kaisiepo-368 Satgas MTF TNI Konga XXVIII-N/ UNIFIL mengidentifikasi sepertiga badan kapal Yacht berisi 200 pengungsi Syria sudah tenggelam.

Dengan sigap, KRI Frans Kaisiepo-368 melaksanakan peran MOB (Man Over Board) dan menurunkan dua sekoci untuk mengevakuasi para korban.

KRI Frans Kaisiepo-368 juga mengendalikan Kapal Perang Yunani HS Spetsai-F 453, dua patrol boat dan satu RHIB LAF Navy, serta satu small boat ICRC.

KRI Frans Kaisiepo-368 berhasil mengevakuasi korban selamat sebanyak 96 orang, terdiri dari 18 pria, 21 wanita, dan 57 anak-anak. Termasuk di dalamnya bayi yang masih berusia 29 hari.

Lihat juga...