164 Siswa SD Muhammadiyah Condongcatur Ikuti Kemah Prestasi Mandiri

YOGYAKARTA – Untuk kesekian kalinya, SD Muhammadiyah Condongcatur Sleman Yogyakarta kembali menggelar Kemah Prestasi dan Mandiri (Presma) bertempat di bumi perkemahan Youth Center Yogyakarta, hari Senin sampai hari Rabu (13-15/05/2024). kegiatan yang dilepas dari halaman Sd muhammadiyah condogncatur ini diikuti dengan rombongan kendaraan roda empat yang dihias dengan penak-pernaik dan bendera hizbul wathan menuju lokasi perkemahan.

Untuk kegiatan kemah mandiri dan prestasi tahun ini diikuti oleh peserta dari kelas 5 yang berjumlah 164 siswa dari dua sekolah dasar yakni SD Muhammadiyah Condongcatur di Gorongan dan Sd Muhammadiyah Condongcatur 2 di Kolombo. Tujuan dari kegiatan ini adalah puncak kegiatan HW SD Muhammadiyah Condongcatur serta sebagai pendadaran siswa atas telah selesainya kegiatan HW.

Sebagai penggerak kegiatan merupakan gerakan kepanduan Muhammadiyah, Hizbul Wathan ini digelar untuk melatih dan menanamkan rasa kemandirian bagi kalangan para siswa. Berbagai kegiatan dilakukan mulai dari upacara, jurit malam, api unggun, ajang lomba kemandirian, giat peningkatan kompetensi Syarat Kenaikan Tingkat (SKT), hinggga pentas kesenian.

Kepala SD Muhammadiyah Condong Catur Sulasmi, S.Pd menyebut berbeda dengan tahun sebelumnya, kegiatan presma tahun ini menekankan rasa tolong menolong dengan diisi sejumlah materi, permainan dan praktek langsung termasuk lomba memasak.

“para siswa dididik untuk menjadi pribadi yang mandiri tangguh bertanggungjawab dan menjadi kader Muhammadiyah yang sejati, itu yang paling utama”, ujar Sulasmi saat ditemui di lokasi kemah.

Salah seorang siswa, Fabio Rizki Pradana mengaku sangat senang bisa mengikuti kegiatan presma tahun ini. Selain bisa main baren dengan teman-teman juga bisa sholat di masjid berjamaah. Adapun pelajran yang diperoleh mulai dari belajar mendirikan tenda, memasak dan lain sebagaianya. Selama tiga hari dua malam ini, peserta kemah prestasi mandiri tidak diperkenankan dijenguk roang tua, sehingga menimbulkan rasa kangen dari peserta kemah.

Lihat juga...